Axiata Xlindo

Axiata Xlindo

Senin, 25 April 2011

Mengapa Kita Harus Minum Banyak??

Jawaban atas pertanyaan tersebut sesungguh bisa jadi menakutkan.
Tubuh manusia kira-kira 80 % terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh yang memiliki kadar air lebih dari 80 %, yaitu otak dan darah. Otak memiliki komponen air sebanyak 90 %, sedangkan darah memiliki komponen air sebanyak 95 %. Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas sehari, Jumlah ini harus ditambah apabila anda seorang perokok. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti carian yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan dan sekresi.
Apa yang terjadi bula kita mengkonsumsi air kurang dari 2 liter sehati??
Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Bagaimana caranya? Tubuh akan “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri. Tapi pasti bukan dari otak yang sekalipun memiliki komponen air sebanyak 90 %. Bayangkan jika otak kita kering, bagaimana jadinya! Tubuh akan menyedot sumber yang terdekat yaitu darah. Darah yang disedot airnya akan menjadi kental.
Akibat pengenatal darah, maka perjalanan darah akan kurang lancar dibandingkan yang encer. Pada saat melewati ginjal yaitu organ tubuh yang berfungsi menyaring racun dari darah, maka ginjal akan bekerja ekstra keras. Oleh karena saringan dalam ginjal sangat halus maka tidak jarang darah yang mengental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya air seni akan berwarna kemerahan. Ini merupakan tanda bahwa mulai terjadinya kebocoran pada saringan ginjal . apabila hal ini dibiarkan terus menerus, maka anda suatu saat harus mengeluarkan dana minimal 400.000 rupiah untuk cuci darah.
Pada suatu saat darah kental akan melewati otak. Perjalanan darah di otak akan terhambat. Otak tidak lagi ”encer” oleh karena otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen. Lambatnya aliran darah di otak bisa menyebabkan sel-sel otak menjadi cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila kondisi ini ditambah dengan penyakit jantung - yang juga kerjanya menjadi tambah berat bila darah mengental - maka serangan stroke bisa lebih cepat datang.
Sekarang tinggal kita yang harus memilih, melakukan investasi dengan minum sedikitanya 8 gelas air sehari, atau ”membayar bunga” lewat sakit ginjal atau stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar