Axiata Xlindo

Axiata Xlindo

Senin, 25 April 2011

KOPERASI SEJAHTERA MAJU BERSAMA SIAP TINGGAL LANDAS

Pertumbuhan organisasi koperasi di negara kita sangat menggembirakan seiring dengan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya hidup yang saling membutuhkan. Hal ini terjadi karena didalam wadah koperasi terdapat kegiatan tolong menolong antara sesama anggota. Maka tak salah jika koperasi adalah wadah atau tempat yang paling tepat untuk bersosialisasi dan meningkatkan perekonomiaan menuju kesejahteraan bersama (semua anggota merasa punya hak sama untuk maju san sejatera).
Koperasi Sejahetara Maju Bersama (SMB) sebagai salah satu dari sekian banyak koperasi yang ada di Indonesia kiranya cukup menempati posisi tersendiri bagi warga Jawa Tengah yang berada di Jakarta pada khususnya dan simpatisan pada umumnya. Berdirinya Koperasi “SMB” dilatarbelakangi oleh adanya uneg-uneg dari sebagian pengurus Paguyuban Jawa Tengah (PJT) di Jabodetabek untuk mempererat rasa kebersamaan dalam kegiatan yang lebih bermakna dan mempunyai nilai ekonomis. Di satu sisi dapat dijadikan wahana berkumpul dan bersua dengan saudara perantauan yang berasal dari Jateng, disisi yang lain juga mampu memberikan nilai tambah bagi anggota paguyuban dari segi ekonomi. Maka, dalam waktu yang tidak terlalu lama terbentuklah Koperasi ini.
Beralamat di Jalan TB. Simatupang No. 19 Kampung Rambutan Ciracas, koperasi ini tentu sangat mudah dijangkau karena tepat di area lalu lintas yang sangat ramai tepatnya di depan halte Jalan Baru Kampung Rambutan, kurang lebih 300 meter dari Terminal Rambutan arah Pasar Baru. Sejak awal berdirinya tanggal 8 Agustus 2008, Koperasi “SMB” telah mampu menghimpun anggota sebanyak 175 orang. Sebagian besar dari pengurus dan simpatisan Paguyuban Jawa Tengah di Jabodetabek. Sesuai dengan AD/ART organisasi, Koperasi “SMB” telah menetapkan 5 (lima) jenis unit usaha, yaitu simpan pinjam, jasa umum, konstruksi, perdagangan, dan perumahan. Saat ini koperasi juga telah mengadakan diversifikasi usaha antara lain terapi kesehatan yang dibuka tiap hari, jasa pengiriman, dan jasa pembayaran kebutuhan via online. Untuk menjadi anggota koperasi syaratnya sangat mudah. Anda cukup membawa FC KTP yang masih berlaku dan membayar simpanan poko sebesar 200 ribu itupun masih bisa dicicil. Mudah bukan ??!

Pencapaian Prestasi yang membahagiakan
Sampai saat ini, dana yang dihimpun dari simpanan anggota telah menembus angka 100 juta. Selain itu, koperasi “SMB” juga telah mampu memberikan pinjaman kepada para anggota sebanyak 100 orang. Sebagian dengan cara pembayaran bulanan dengan rate bunga yang sangat kompetitif, sedang sebagian lainnya dengan cara pembayaran harian. Kelompok yang kedua lebih banyak diminati oleh para PKL, buruh harian, warung, dan sektor informal lainnya. Dari pinjaman tadi, koperasi “SMB” telah mengeluarkan dana lebih dari 200 juta, sehingga kalau ditotal aset yang dimiliki baik tetap maupun berjalan telah menembus angka setengah “M”. sungguh pencapaian prestasi yang membanggakan.
Untuk lebih meningkatkan modal usaha dalam rangka meningkatkan usaha khususnya disektor simpan pinjam, dari keterangan Bapak Untung RS selaku Sekretaris Umum merangkap Manager Koperasi diperoleh keterangan bahwa pihaknya saat ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak perbankan salah satunya adalah dengan Bank BPD Jateng cabang Jakarta. Dari aliran dana yang rencananya akan dikucurkan tersebut, Koperasi “SMB” telah bersiap dengan berbagai langkah usaha prospektif dan kreatif. Hal ini tentunya sebuah tantangan yang tidak ringan untuk sebuah langkah maju. “kita harus maju, jangan ketinggalan dengan bangsa lain”, tambah Pak Untung penuh semangat.
Dari pantauan kami, ternyata minat warga Jateng di Jakarta sangat antusias me-respon keberadaan Koperasi “SMB” ini. Bagaimana tidak? Kebanyakan warga perantau yang berasal dari Jawa Tengah adalah para pedagang, buruh dan sektor informal lainnya. Tentunya, mereka akan kesulitan apabila ada kebutuhan modal usaha jika mengajukan kepada pihak karena tidak bisa memenuhi syarat informal perbankan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Koperasi inilah solusinya. Dengan cukup menjadi anggota, mereka akan dapat fasilitas kredit yang cepat dan tidak birokratis.
Siap Tinggal Landas
Berkat semangat dan usaha yang pantang menyerah, pengurus berkeyakinan bahwa di Tahun 2011 ini, koperasi akan mampu terbang lebih tinggi. Ibarat pesawat telah siap tinggal landas. Hal ini dimaknai sebagai sebuah tantangan dalam mengusung niat mengembangkan perekonomian bangsa menuju rakyat yang sejahtera. Dengan dukungan semua pihak tentunya semangat ini menjadi sesuatu yang “mungkin” bahkan boleh dikata “harus” (meminjam istilah Pak Untung tadi). Mari kita berdayakan dan kembangkan Koperasi Sejahtera bersama dengan aktif menjadi anggota dengan mengusung tekad “Bali Ndeso Mbangun Deso” karena inti dari berdirinya koperasi adalah semangat kebersamaan dan goton royong sebagaiman lazim dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari pedesaan. Hidup dan Jayalah Koperasi Sejahtera maju Bersama.

Legalitas Koperasi Sejahtera Maju Bersama :
Akte Notaris dari Julian Purnawan, SH tertanggal 8 Agustus 2008
SK Kementerian KUKM No. 816/BH/MENEG.I/XI/2008
SIUP No. 2084.13-1.824.51
TDP No. 0904.2.51.00764
Surat Keterangan Domisili Perusahaan
NPWP No. 21.048.535.5-009.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar